mengaktifkan Bluetooth dirancang memudahkan koneksi
By freepik

mengaktifkan Bluetooth dirancang memudahkan koneksi

Pengenalan Bluetooth dirancang untuk memudahkan penggunaan koneksi nirkabel bandwidth rendah sehingga bahkan mereka yang baru mengenal nirkabel dapat menggunakannya. Bluetooth versi 1.1 menjelaskan teknologi jaringan nirkabel jarak pendek berenergi rendah yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data dengan kecepatan hingga 720 kilobit per detik. Spesifikasi Bluetooth menyediakan berbagai kelas radio yang menyediakan jangkauan transmisi hingga 100 meter dengan meningkatkan daya radio.

Teknologi Bluetooth tidak terbatas pada transmisi line-of-sight,

karena menggunakan gelombang terarah yang dapat ditransmisikan melalui banyak rintangan. Bluetooth adalah standar industri untuk komunikasi nirkabel, yang berarti memungkinkan Anda untuk terhubung ke perangkat lain seperti ponsel, komputer, kamera digital, dan jenis perangkat elektronik lainnya. Spesifikasi Bluetooth mendefinisikan sistem radio dan “tumpukan” lapisan dan profil protokol.

Level tertinggi adalah level aplikasi dan level terendah adalah radio. Teknologi nirkabel Bluetooth diposisikan untuk merevolusi pasar konektivitas pribadi dengan memberikan kebebasan dari sambungan telepon tetap yang tidak nyaman. Spesifikasi Bluetooth menghilangkan kebutuhan akan kabel, menyediakan solusi nirkabel yang ringkas dan murah yang akan menghubungkan komputer, ponsel, dan elektronik lainnya.

Bluetooth juga memungkinkan pengguna dengan cepat dan mudah menghubungkan berbagai perangkat, dan memperluas pilihan konektivitas. Ukuran radio Bluetooth sangat mengesankan karena radio Bluetooth dapat disematkan dalam satu atau dua microchip yang sangat kecil dan kemudian diintegrasikan ke perangkat elektronik apa pun di mana nirkabel akan menjadi keuntungan.

👉 Lagi Viral  Jika Anda berada di dalam pesawat harus mematikan telpon

mengaktifkan Bluetooth

Bluetooth juga menawarkan konektivitas yang andal, yang memastikan bahwa kondisi pengoperasian normal tidak terganggu oleh interferensi dari sinyal lain yang beroperasi pada pita frekuensi yang sama. Radio Bluetooth, juga dikenal karena operasinya di seluruh dunia, beroperasi di pita frekuensi 2,4 GHz, yang bebas lisensi dan tersedia untuk semua jenis sistem radio di dunia. Di mana pun Anda berada, Anda mengandalkan Bluetooth untuk bekerja.

Keamanan juga penting. Menawarkan mekanisme keamanan tingkat lanjut, Bluetooth menyediakan tingkat keamanan yang tinggi. Dengan demikian, otentikasi akan mencegah akses tidak sah ke data sensitif dan membuat penyadapan lebih sulit. Bluetooth juga menawarkan pengoptimalan daya. Radio berdaya rendah dan perangkat lunak Bluetooth mudah dikonfigurasi, yang membatasi konsumsi daya peralatan. Radio itu sendiri mengkonsumsi sejumlah kecil daya dari ponsel.

Spesifikasi Bluetooth menghubungkan komputer, ponsel, dan elektronik

Cara kerja Bluetooth. Perangkat Bluetooth biasanya beroperasi pada pita 2,4 GHz dalam pita radio ISM yang tersedia secara global dan bebas lisensi. Manfaat dari rentang ini termasuk ketersediaan dan kompatibilitas di seluruh dunia. Namun, kelemahannya adalah perangkat harus berbagi pita ini dengan pemancar RF lainnya. Ini termasuk sistem keamanan mobil, perangkat nirkabel lainnya, dan sumber kebisingan lain seperti oven microwave. Untuk mengatasi masalah ini, Bluetooth menggunakan skema frekuensi hopping dan karena itu menggunakan paket yang lebih pendek dari standar lain di band ISM. Sirkuit ini membantu membuat komunikasi Bluetooth lebih andal dan aman. Lompatan frekuensi Lompatan frekuensi pada dasarnya adalah lompatan dari frekuensi ke frekuensi dalam pita radio ISM.

👉 Lagi Viral  Belajar microsoft excel untuk pemula

Setelah perangkat bluetooth mengirim atau menerima paket, perangkat tersebut dan perangkat (s) bertukar data, melompat ke frekuensi yang berbeda sebelum mengirim paket berikutnya. Skema ini memiliki tiga keuntungan: 1. Memungkinkan perangkat Bluetooth untuk menggunakan seluruh pita ISM yang tersedia, tidak pernah mentransmisikan pada frekuensi tetap untuk jangka waktu yang lebih singkat.

Ini membantu memastikan bahwa Bluetooth mematuhi batas transmisi ISM per frekuensi. 2. Memastikan bahwa gangguan apa pun tidak akan bertahan lama. Setiap paket yang tidak terkirim dengan aman ke tujuannya dapat dikirim ulang pada frekuensi berikutnya. 3. Memberikan tingkat keamanan dasar karena sangat sulit bagi pencegat untuk memprediksi frekuensi mana yang akan digunakan perangkat Bluetooth selanjutnya. Namun, perangkat yang terhubung harus menyetujui frekuensi yang akan mereka gunakan di lain waktu. Spesifikasi Bluetooth melakukan ini dalam dua cara.

Pertama, ini mendefinisikan hubungan master dan slave antara perangkat Bluetooth. Ini kemudian mendefinisikan algoritma yang menggunakan informasi perangkat untuk menghitung urutan hop. Perangkat Bluetooth dalam mode master dapat berkomunikasi dengan hingga tujuh perangkat yang diatur dalam mode slave. Ke masing-masing perangkat slave, master Bluetooth akan mengirimkan alamat uniknya dan nilai jam internalnya sendiri.

👉 Lagi Viral  Versi 2.0 Bluetooth kecepatan transfer 3kali lebih cepat

Informasi koneksi yang dikirim kemudian digunakan untuk menghitung urutan frekuensi hopping. Karena master dan masing-masing budak menggunakan algoritma yang sama dengan input awal yang sama, perangkat yang terhubung akan selalu tiba bersama pada frekuensi berikutnya yang mereka setujui. Sebagai pengganti teknologi kabel, tidak mengherankan jika perangkat Bluetooth seperti mouse nirkabel dan ponsel bertenaga baterai biasanya bertenaga baterai. Untuk menghemat energi, sebagian besar perangkat beroperasi dengan konsumsi daya yang rendah. Ini membantu memperluas jangkauan perangkat Bluetooth dari 5 hingga 10 meter. Rentang ini cukup untuk komunikasi nirkabel, tetapi cukup dekat untuk tidak menarik terlalu banyak daya dari sumber daya perangkat.